Laporkan Penyalahgunaan

Ganti Judul dan ALt sendiri

Google Search Console: Kegunaan dan Cara Pasang

8 komentar

Google Search Console adalah sebuah tool yang diluncurkan oleh Google. Usut punya usut tool ini tidak terpisahkan dengan Google Analytics. Selain itu, banyak juga yang bilang Google Search Console sangat membantu dalam menginspeksi blog atau website yang kita kelola.

Aku pribadi menggunakan Google Search Console juga baru-baru ini. Tambah tool ini tidak berbayar alias gratis jadi why not untuk dicoba.

Google Search Console

Google Search Console atau yang sebelumnya dikenal dengan Google Webmaster Tools adalah sebuah tool yang berguna untuk memonitor kinerja website di ranah organik Google.

Menggunakan Google Search Console memungkinkan untuk mengetahui reffering domain, kinerja website di perangkat mobile dan analisis trafik tertinggi, mengetahui kueri dan dengan tool ini kita bisa memasukan situs agar terindeks oleh Google.

Fungsi Google Search Console

1. Mengetahui Keyword dan Halaman Populer

Menggunakan Google Search Console kita bisa mengetahui keyword dan halaman yang paling banyak dicari atau paling banyak diminati oleh pembaca. Dengan begitu, kita akan jauh lebih mudah untuk menemukan ide-ide konten selanjutnya.

Aku pribadi cukup terbantu dengan fitur ini karena dengan fitur ini aku bisa membuat konten dari pengmabngan keyword yang banyak diminati oleh pembaca.

2. Mempercepat Indeks Google

Untuk mempercepat inspeksi konten kita ke halaman Google, maka kita perlu mengindeks konten tersebut ke Google Search Console.

Sebenarnya konten kita akan terindeks oleh Google secara perlahan tapi kan lama yak.. jadi mending di inspect sendiri aja kontennya supaya lebih cepat terindeks oleh Google. Selain itu kita juga bisa melihat konten yang mana saja yang sudah terindeks oleh Google.

3. Pengoptimalan SEO

Melalui Google Search Console kita dapat mengetahui sejauh mana SEO yang kita terapkan sudah benar atau belum. Dengan begitu kita bisa memperbaiki kaidah SEO kita.


Cara Pasang Google Search Console

Sama seperti memasang Google Analytics, untuk memasang Google Search Console diperlukan kesabaran dan ketelitian. Aku sendiri sempat mumet sewaktu memasang Google Search Console ini. Nah supaya temen-temen nggak mumet seperti aku, jadi aku putuskan untuk kasih tutorial cara pasang GSC menurut pengalamanku.

1. Buka web Google Search Console

Pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka web GSC lewat Google atau bisa juga lewat dashboard lalu ke bagian setting – search preference – cari Google Search Console, kemudian klik edit.

Jika sudah masuk, kalian bisa langsung tulis domain kalian dibagian awalan url. Kemudian klik terus atau continue. Kemudian akan muncul halaman seperti ini dan kalian bisa langsung buka properti.



2. Verifikasi Kepemilikan

Nah pada step ini kalian harus bersabar dan teliti karena stepnya cukup panjang.

Pertama yang harus kalian lakukan adalah pergi ke setting atau setelan kemudian pilih verifikasi kepemilikan. Ada beberapa metode verifikasi yang bisa kalian gunakan. Aku sendiri menggunakan metode tag HTML, analitis Google dan penyedia layanan domain. Menurutku 3 metode ini sudah cukup tapi kalau kalian ingin lebih ya monggo.

a. Tag html

Pertama-tama kalian klik tag html kemudian copy kode html yang tertera. Selanjutnya kalian pergi ke setting tema blog dan klik edit html. Kemudian kalian tempel kode html gcs tadi bawah kode <head> lalu simpan. Kemudian kembali ke GCS dan klik verifikasi.



Jika verifikasi kalian berhasil akan muncul centang hijau.

b. Analitis Google

Huh.. ini step yang cukup tricky.. but it's okay.. kita belajar bareng yak..

Pertama kalian pergi ke admin Google Analytics. Kemudian kalian klik properti UA dan cari Google Search Console.

Lalu kalian klik tautkan Search Console dan klik tambahkan. Kemudian dan masukan properti GSC kalian kemudian klik teruskan kemudian klik tautkan.


c. Penyedia Layanan Domain

Nah ini buat yang sudah TLD yak.. aku sendiri kurang tau cara verifikasi leat metode ini jika domainnya belum TLD. Yang tau coba komen dibawah yakkk...

Pertama kalian harus klik metode penyedia layanan domain dan copy kode yang tertera. Selanjutnya login ke platform tempat kalian beli domain, kemudian kalian cari DNS. Lalu klik add record, pilih TXT dan rdata-nya kalian masukan kode yang tersedia di GSC Penyedia layanan domain dan klik save kemudian klik save changes.


Terakhir kalian bisa kembali ke GSC dan klik verifikasi. Jika verifikasi kalian benar maka akan muncul centang hijau.

3. Tambahkan Sitemap

Nah tentu tidak berhenti sampai diversifikasi kepemilikan saja. Kalian juga perlu untuk menambahkan sitemap untuk mempermudah google mengindeks konten kalian.

Pertama kalian pilih menu indeks di bawahnya da menu peta situs. Kemudian kalian tambahkan sitemap.xml dibelakang nama domain kalian seperti ini kemudian klik kirim. Pastikan status peta situs yang kalian kirimkan tadi sukses ya..

Cara Untuk Inspect Artikel atau Konten

Pertama kalian pergi ke menu cakupan kemudian tempel link konten yang mau kalian indexing ke Google

Kemudian klik enter, jika tampilannya seperti maka konten kalian belum terindeks oleh google dan kalian bisa klik ‘minta pengindeksan’ dan kalian hanya perlu menunggu artikel kalian terindeks oleh Google.
Lewat sini juga kalian bisa mengecek apakah artikel kalian sudah terindeks atau belum jika sudah terindeks tampilannya akan seperti ini.

Jadi itu tadi serba-serbi mengenai Google Search Console. Yang aku bisa simpulkan adalah Google Search Console dan Google Analytics adalah kombinasi tools yang bisa kalian gunakan untuk para pemilik website terutama yang newbie. Sorry karena aku belum semua aku bisa dibahas di artikel ini tapi semoga membantu ya...

See you and Happy Blogging
Sigalia DP
Hello This Is Sigalia DP Welcome to my Blog! Here I share experiences and things I like. I hope you enjoy it..
Terbaru Lebih lama

Related Posts

8 komentar

  1. Alhamdulillah lenglap amat tutorialnya. Rajiinn amat mbak. Aku juga baru memahami point-point di GSC ini sekarang ini aja mba. Dulu mah nge-blank wkwkwk

    BalasHapus
  2. Lengkap dan garceup ya Kak, bisa jadi bahan acuan pas bingung masang nih :D

    BalasHapus
  3. Mantul ...mantap betul ulasannya

    BalasHapus
  4. Tetap semangat ya mbak, walau harus mbolang sebentar sebelum samapai tujuan yg diinginkan. Good jobs mbak

    BalasHapus
  5. Lengkap banget tutorialnya!
    Top ceeeer !

    BalasHapus
  6. Menuangkan tahapan itu membuat kita lebih memahami... kalau gak paham juga gimana? 😁

    BalasHapus
  7. Aku bingung mbak sma yg metode GA. Itu txt apaan ya. Aku gak terlalu paham hiks. Aku baca ulang lagi deh.

    Soalnya tadi lsg verifikasi

    BalasHapus

Posting Komentar